Langsung ke konten utama

Tips-Tips Sebelum Mendaki Gunung

Setelah lelah dari pekerjaan dan kesibukan rutinitas di kota, sebagian orang memilih untuk berlibur dan menikmati keindahan alam yang akan membuat pikiran mereka fresh kembali.
kegiatan mendaki gunung dapat menjadi opsi pilihan untuk berlibur. Semua kerja keras anda saat mendaki akan terbayar saat melihat keindahan yang tiada tara di puncak gunung.

Mendaki gunung termasuk olahraga extreme yang cukup menantang adrenaline. Jadi sebelum mendaki gunung sebaiknya anda mempersiapkan semuanya dengan matang agar perjalanan anda berjalan lancar dan aman.

1. Olahraga Ringan

Agar tubuh anda tidak terlalu terkejut atau capek saat mendaki sebaiknya anda memulai olahraga ringan misalnya jogging dan ngegym.
Tubuh yang fit saat mendaki adalah kewajiban, jangan dipaksakan jika anda memiliki penyakit misalnya maag, diare, dll yang dapat menghambat proses pendakian. sebaiknya tunggu sembuh.

2. Makanan dan Minuman

Bawalah makanan dan minuman secukupnya, jangan terlalu sedikit nanti kelaparan dan jangan terlalu banyak nanti keberatan.
Kacang dan coklat adalah penahan lapar dan mood booster terbaik.
Makanan yang bergizi juga dan yang terpenting praktis misal sarden, kornet, roti, ubi, telor rebus, dll.
Sebagian orang membawa mie saat mendaki namun itu bukanlah pilihan terbaik karena walaupun mie adalah makanan praktis tapi tidak terlalu bergizi, dan saat memasaknya membutuhkan banyak supply air.

3. Siapkan Perlengkapan

Mendaki gunung tidak harus membawa alat-alat mahal atau bermerek untuk menunjang keselamatan, cukup dengan alat-alat sederhana yang sesuai standar telah menjamin keselamatan anda.

Pakaian
Cuaca digunung dapat lebih extreme dari pada di kota, terkadang sangat panas, kadang sangat dingin, dan kadang hujan. Siapkan setidaknya 1-3 pakaian ganti, jas hujan juga perlu dibawa karena saat hujan track menjadi lebih sulit, dan bawalah sejenis kertas alumunium untuk menghangatkan teman anda jika terkena hipotermia.
-Sepatu
Pilihlah sepatu yang nyaman dipakai dan telapaknya bergerigi agar saat mendaki sepatu tidak terpeleset atau licin.
-Tas
Tas yang besar memungkinkan anda membawa perlengkapan yang lengkap, dan juga yg harus diperhatikan adalah teknik packing anda yg benar agar space tidak terbuang sia-sia.
-Tenda atau Hamuk
jika salah satu teman anda sudah bawa tenda maka tidak usah bawa lagi.
-Alat-alat Survival
Sarung tangan, kain jumput, tisu, jam, senter, tali, pisau, kantong plastik, korek api, wadah praktis, dll.
-Barang Elektronik
Hp, charger, powerbank, headset/speaker.

4. Pamit dan Berdoalah Sebelum Pergi

Ada baiknya anda berdoa dan memberi tahu orang-orang terdekat anda sebelum anda pergi jauh kemanapun itu.


Mungkin itu saja tips-tips mendaki gunung dari saya, selamat menikmati perjalanan kalian.
GANBATE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 Kerajaan Hindu - Budha di Indonesia

KERAJAAN-KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA: 1. Kerajaan Kutai Kutai adalah kerajaan tertua dan kerajaan Hindu pertama di Indonesia, yang diperkirakan muncul pada abad 5 M atau± 400 M. Terletak di Tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Di Kutai ditemukan prasasti berbentuk yupa/tiang batu berjumlah 7 buah bertuliskan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta diperkirakan berasal dari tahun 400 M. Yupa adalah tugu batu yang digunakan dalam upacara kurban. * Kehidupan Politik  Dalam prasasti Yupa diterangkan mengenai silsilah raja-raja Kutai. Raja Kutai pertama adalah Kudungga ( diperkirakan nama asli orang Indonesia ). Kudungga mempunyai putra yang bernama Aswawarman ( diperkirakan nama berasal dari India ) sehingga Aswawarman dianggap sebagai " wangsakarta " atau pembentuk keluarga/dinasti. Selain itu dia juga dijuluki " Ansuman "( dewa matahari ). Aswawarman mempunyai putra bernama Mulawarman. Mulawarman adalah raja yang terbesar/terkenal di K